Aku Merindukan Masa Itu

aku teringat di masa kita melangkah ke dalam kelas itu
kelas di sebelah kanan tangga dengan orientasi utara
oh ya, tak lupa kelas yang di dinding sebelahnya terpajang mading
mading yang penuh dengan karya, baik puisi, cerpen, dan guyonan
baik guyonan yang lucu maupun hanya garing belaka
aku merindukan masa itu...

aku teringat di masa kita belajar sehari-hari di kelas itu
saat kita dijadikan proyek teladan bagi siswa lainnya
tapi kita malah kesal karena selalu dibandingkan
seolah-olah kita adalah siswa yang sempurna
padahal kita tak lepas dari kenakalan remaja
aku merindukan masa itu...

aku teringat di masa kita berfoto bersama di dalam kelas
tidak hanya kamera yang memotret kita, tapi CCTV juga ambil bagian
kita hanyalah remaja yang hanya tahu arti kesenangan
sedangkan wali kelas kita waswas akan ditegur kepala sekolah
hal itu terjadi, tapi wali kelas kita sama sekali tidak memarahi kita
aku merindukan masa itu...

aku teringat di masa kita ingin memberikan kejutan kepada seorang guru
skenario dirancang, dengan labilnya kita merasa sangat sempurna
tapi fakta berkata lain, beliau adalah guru yang hebat
skenario yang kita anggap sempurna tak berjalan sempurna
tetapi tangisan bahagia dari mata beliau tetap ada
aku merindukan masa itu...

aku teringat di masa kita akan ujian akhir musik
kita dibagi tiga kelompok, saling bersaing menunjukkan siapa yang terhebat
dengan latihan yang maksimal, kita satukan melodi, akor, dan tempo
berbekal lagu daerah dan lagu mancanegara
kita getarkan kelas itu dengan nada-nada dari semangat muda kita
aku merindukan masa itu...

aku teringat di masa kita akan menghadapi ujian akhir nasional
secara khusus kepala sekolah memberikan kita latihan motivasi
setelah acara itu, suasana mengharukan pun pecah
air mata yang keluar, penuh dengan semangat yang baru
menghilangkan semua dendam dan kesalahan di antara kita
aku merindukan masa itu...

aku teringat di masa kita mengadakan acara perpisahan
kita tumpahkan canda dan tawa di sepanjang perjalanan
dari padang ke harau, dari harau ke bukittinggi, dari bukittinggi ke padang
itulah saat terakhir kita bersama-sama, dan kita akan berpisah
hanya berpisah, tapi tidak akan bercerai
aku merindukan masa itu...

aku teringat di masa kita adalah kita
tapi aku tak mampu lagi menerjemahkan kata demi kata
karena begitu banyaknya memori di pikiranku ini
yang aku mampu hanyalah tetap mengenang masa itu
dan aku ingin tidak hanya aku yang mampu, tapi kita semua
aku merindukan masa itu...


untuk kelasku tercinta, D'Lobster

0 Responses