Laporan UN SMP 2009 Versi Gw (Hari Pertama)

Setelah hampir sekitar 2 bulan gue cuti dari dunia blog-blogan, akhirnya sekarang gue kembali lagi. Biasalah, kesibukan gue sebagai generasi muda membuat gue ga sempat ngurus blog.

Ya udah, ga usah berpanjang lebar, gue akan ngasih tw sesuatu. Hari ini adalah hari pertama UN (Ujian Nasional) buat tingkat SMP/Mts (so pasti di Indonesia). Mata ujian pertama adalah Bahasa Indonesia. gue dapet paket soal 05. Sebagai info, dalam UN, ada 2 paket soal, yaitu 05 dan 38. Paket soal 05 diberikan kepada peserta ujian dengan nomor ujian ganjil, sedangkan paket 38 diberikan kepada peserta ujian dengan nomor ujian genap. Soalnya sih (sebagian) sama persis, cuma urutannya dibolak-balik.

Pada awalnya semua berjalan dengan lancar. Ga ada duri atau paku kesulitan menusuk gue (atau cuma perasaan gue doank). Nah, dewa ketidakberuntungan mulai tertawa ketika gue menuju soal nomor 12. Pada soal itu diberikan tajuk berupa kenaikan harga sembako. Yang ditanyain simpulan bacaan. Eh, ga taunya di pilihan jawaban malah dibikin tentang rangkap jabatan BUMN.

Total soal yang salah = 1



Gue lanjutin. Semua masih aman dan terkendali. Giliran gue yang ngetawain dewa ketidakberuntungan. Tapi, oh tidak. Di soal nomor 26, lagi-lagi gue diketawain dewa ketidakberuntungan (mohon maaf jika terdapat kesamaan nama). Pada soal dibikin kutipan dialog Naga Bonar. Eh, yang ditanyain malah petunjuk bikin kue.

Total soal yang salah = 2



Habis tuh emang ga ada lagi sih soal yang salah. Tapi dengan adanya kesalahan pada soal UN gue jadi kesel. Gimana ntar kalo bener-bener salah ? gue jadi dirugiin donk. Semoga buat tahun-tahun berikutnya kesalahan ini ga terjadi lagi.

Dan yang gue sayangkan, pagi sebelum ujian beredar cukup banyak kunci di skul gue. Anehnya, jawaban pada kunci-kunci itu beda-beda. gue coba hafal jawaban sebuah kunci. Trus gue bandingin ama hasil kerja gue. Hasilnya ? Beda jauh. Kuncinya bener-bener ga bener (kebanyakan nulis bener). Entah dari mana asal-usul kunci itu. Mungkin cuma dibuat asal-asalan oleh pihak yang ga bertanggungjawab yang pengen bikin nilai ujian anjlok.

Itu laporan gue buat hari pertama UN. Insya Allah besok gue bikin laporan hari kedua.
0 Responses